Game Blockchain Mulai Berkembang Dan Unjuk Gigi Tahun 2018



Perkembangan blockchain telah memicu berbagai jenis aplikasi, termasuk game online yang kini dibungkus dengan blockchain. Mengapa harus menggunakan sistem blockchain? Sistem desentralisasi dengan teknologi terbaru justru bisa membuat pengguna dan pengembang game merasa diuntungkan. Dari sisi pengembang, kecurangan permainan bisa di minimalisasi. Sementara dari sisi pengguna, game blockchain bisa digunakan sebagai nilai tambah ekonomis.

Game Blockchain

Jadi, game online dimasa mendatang akan berdampak pada keuntungan setiap user. Dimana pengguna akan memperoleh keuntungan berupa pendapatan tambahan atau mata uang digital. Uang ini bisa diperjual belikan di bursa kripto dan nilainya semakin lama diperkirakan naik menurut pangsa pasar. Game blockchain pada umumnya menggunakan kripto Ethereum ataupun menggunkan token ERC20.


Tentunya sebelum bermain game-game ini, Anda harus memiliki wallet ERC20 yang bisa diperoleh di MyEtherWallet ataupun Metamask. Dalam setiap permainan, wallet ini diperlukan untuk proses jual beli ataupun pembuatan blok baru. Data yang tertulis dalam blockchain pada dasarnya tidak dapat dihapus dan diubah. Blok-blok inilah yang membuat game berbasis blockchain tahan terhadap serangan hacker ataupun kecurangan dalam memanipulasi data. 

Game Blockchain Mulai Berkembang


Game blockchain dalam beberapa bulan terakhir mendapat tanggapan positif, terutama dikalangan pengguna cryptocurrency. Begitupun, user lain muali berdatangan untuk mencoba sistem baru. Ternyata peminat game seperti ini sangat banyak, dan dianggap sangat menarik.

Beberapa diantaranya yang sukses menarik pengguna baru adalah Cryptokitties, Cryptofarm, dan menyusul Fishbank. Ketiga game ini menggunakan blockchain Ethereum smart contract untuk mempermudah proses gaming. Walaupun ada game-game lainnya, ketiga game ini dianggap menarik sebagai salah satu alternatif income pasif.

Cryptokitties merupakan salah satu platform yang menawarkan permainan game memelihara kucing. Disini Anda bisa memelihara kusing sebanyak apapun, dan mengawinkan dengan kucing lain. Uniknya, setiap perkawinan tidak akan pernah memiliki warna atau corak yang sama. Sehingga akan melahirkan genetik baru yang bervariasi, semakin menarik maka harga jual juga semakin mahal.

Cryptofarmer, merupakan salah satu game simulasi online pertama berbasis blockchain. Disini Anda diminta untuk membangun rig mining yang diberi modal minimal secara gratis. Modal awal ini digunakan untuk pembelian perangkat, termasuk daya listrik dan kartu grafis. Yang unik dari game ini adalah, setiap koin yang dihasilkan dari penambangan dapat dijual dan menjadi uang fiat. Hasilnya bisa ditransfer dalam bentuk cryptocurrency ataupun dolar.

Fishbank, salah satu game memelihara ikan berbasis blockchain. Game ini sebenarnya masih Beta Release sampai saat ini. Permainannya cukup mudah, Anda diminta untuk memelihara ikan, dimana pertumbuhannya harus memangsa ikan lainnya. Setiap pertarungan yang dimenangkan, ikan akan bertambah power dan nilai jualnya juga semakin bertambah.

Ketiga game diatas merupakan sebagian kecil konsep gaming yang diperkenalkan dalam bentuk blockchain. Ada beberapa game lain yang direncanakan akan rilis pada tahun ini, sehingga menambah kompetisi dalam aplikasi blockchain masa mendatang.
Game Blockchain Mulai Berkembang Dan Unjuk Gigi Tahun 2018 Game Blockchain Mulai Berkembang Dan Unjuk Gigi Tahun 2018 Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 1/27/2018 Rating: 5

Home Ads

Diberdayakan oleh Blogger.