Penghasilan Menambang Bitcoin Sehari Dan Cara Menghitungnya



Bagi pemula yang ingin mencoba penambangan bitcoin, pastinya akan bertanya tentang keuntungan yang akan diperoleh. Karena dalam pembuatan rig mining akan mengeluarkan biaya pembelian hardware yang cukup besar, belum termasuk biaya operasional. Nilai keuntungan yang diperoleh tidak pernah sama, karena nilai tukar dan tingkat kesulitan selalu berubah. Nah, bagaimana cara mengetahui penghasilan menambang bitcoin dalam sehari dan cara menghitungnya?

Penghasilan Menambang Bitcoin

Berapa keuntungan mining bitcoin dihitung secara maksimal? Setiap orang bisa saja menjawab bahwa profit yang diperoleh bisa mengembalikan modal dalam waktu 4 bulan. Sebenarnya nilai ini tidak bisa dijadikan acuan sebagai kerangka perhitungan, karena nilai tukar selalu berubah. Pada saat ini, disaat nilai jual bitcoin merosot diangka 6-7 ribu dolar, maka ROI (Return of Investment) bisa lebih dari 1 tahun.

Mungkin Anda ingin membuat rig mining dengan harga terbatas, koin apa yang memungkinkan ditambang selain bitcoin? Komputer dengan spesifikasi GPU kelas bawah bisa saja menghasilkan profit. Dengan syarat, jangan menambang bitcoin tetapi altcoin. Ada puluhan altcoin yang bisa menghasilkan uang ataupun kemudian di konversi menjadi bitcoin. Kebanyakan orang hanya tertuju pada bitcoin, padahal tingkat kesulitan dan biaya operasional menambangnya sangat mahal.

Penghasilan Menambang Bitcoin


dalam menghitung penghasilan menambang bitcoin, maka perlu menganalisanya dari sisi hardware. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan Antminer yang jauh lebih cepat daripada menggunakan kartu grafis atau GPU. Bagaimana jika penambangan bitcoin Anda menggunakan GPU, mengandalkan kartu grafis performa tinggi? Karena keuntungan menambang bitcoin selalu naik turun, maka harus menghitung item berikut: 
  1. Hashrate, berapa nilai tertinggi yang bisa dihasilkan dari rig mining yang Anda bangun? 
  2. Pool Fee, merupakan jasa yang diberikan kepada pool mining.
  3. Block Reward, hadiah yang ditambahkan dalam menambang bitcoin.
  4. Biaya pembelian dan perawatan Hardware, tentunya harga akan menjamin kualitas walaupun tidak selamanya demikian.
  5. Difficulty atau tingkat kesulitan yang harus dihadapi dalam menambang koin. Nilai ini yang sangat menentukan dan selalu berubah setiap hari, karena seluruh dunia berpartisipasi kedalamnya. Semakin tinggi nilainya maka semakin kecil pendapatan yang diperoleh.
  6. Biaya beban listrik yang harus ditanggung setiap hari, semakin besar rig mining yang dibangun maka semakin banyak biaya listrik yang harus dikeluarkan.
  7. Nilai jual Bitcoin ataupun Altcoin, inilah yang menentukan apakah penambangan koin menghasilkan keuntungan cepat atau bahkan merugikan.

Sebagai contoh, Hasrate sebesar 14000 GHs membutuhkan daya listrik sebesar 1370 watt. Dengan harga bitcoin saat ini berkisar 6800 dolar AS, maka penghasilan menambang bitcoin sehari berkisar 7 dolar AS. Angka ini belum termasuk biaya listik dan perawatan hardware. Estimasi keuntungan mining bitcoin berkisar 0,001 BTC per hari atau 0,02 BTC per bulan.

Tidak ada yang pasti dalam menghitung penghasilan menambang bitcoin, karena semakin tinggi tingkat kesulitan maka semakin kecil yang diperoleh. Bagaimana jika menggunakan GPU, apakah masih menguntungkan untuk menambang bitcoin? Jika tidak, koin apa saja yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pendapatan dari rig mining Anda?

Saat ini sudah ada layanan yang memberikan kalkulasi keuntungan penambangan seluruh koin. Anda tinggal memasukkan jenis perangkat atau kartu grafis dan biaya lainnya. Jangan sampai rig mining yang dibangun sia-sia hanya karena salah memilih penambangan koin. Kalkulasi penghasilan menambang bitcoin dan altcoin bisa di akses pada halaman What To Mine.

Penghasilan Menambang Bitcoin Cloud Mining


Bagi Anda yang tidak mengerti tentang teknis penambangan, kini juga tersedia cloud mining. Sistem ini jauh lebih mudah, karena kita hanya membayar jasa penyewaan rig mining. Biaya operasionalnya penambangan secara otomatis akan dipotong dari hasil penambangan. Jadi kita hanya sekali membayar, sedangkan biaya lainnya akan dibebanksan sesuai pendapatan.

Apakah cloud mining menguntungkan? Secara tehnis keuntungan bersih yang bisa diperoleh berkisar 55-70 persen dari hasil penambangan. Karena provider langsung memotong biaya perawatan dan operasional. Saat ini semakin banyak orang menggunakan cloud mining karena lebih praktis. Kita hanya melihat hasilnya melalui layar komputer, sementara seluruh operasioanalnya sudah ditangani praktisi.

Berapa harga sewa cloud mining? Soal harga juga tidak perlu khawatir, karena umumnya bisa dimulai dari harga 10 dolar AS. Kontrak sewa yang ditawarkan bervariasi, mulai dari 1-3 tahun. Hasil dari penambangan juga bisa di investasikan untuk meningkatkan Hashrate. Untuk mendapatkan cloud mining ini bisa langsung mendaftar ke Hash Flare ataupun CCG Mining.

Ada juga cloud mining yang menawarkan kontrak Lifetime (one time cost) atau tanpa batas waktu. Selanjutnya hanya membayar biaya operasional sekaligus perawatan yang diambil dari pendapatan menambang setiap hari. Harganya juga sama, bisa dimulai dari harga 10 dolar AS, dan hasil koin yang diperoleh bisa di investasikan kembali. Untuk mendaftarkan cloud mining ini bisa langsung ke Minergate.


Bagaimana dengan cloud mining gratis? Sampai saat ini belum ada cloud mining gratisan yang benar-benar terpercaya. Yang benar-benar membayar adalah Cloud Mining Premium dan merupakan badan usaha resmi seperti yang disebutkan diatas. Sebagian orang mengatakan cloud mining rugi, tetapi sebenarnya tidak. Karen efisensi, tidak perlu dikontrol setiap hari, tidak ada permasalah listrik dan perbaikan. Ada jasa yang kita berikan untuk semua aktifitas tersebut dan sebanding dengan uang yang kita keluarkan.
Penghasilan Menambang Bitcoin Sehari Dan Cara Menghitungnya Penghasilan Menambang Bitcoin Sehari Dan Cara Menghitungnya Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 4/12/2018 Rating: 5

Home Ads

Diberdayakan oleh Blogger.