Electroneum Hardfork, Upgrade Anti-ASIC Akhir Mei 2018



Pengguna Electroneum (ETN) tampaknya kian meningkat, apalagi koin saat ini juga bisa diperoleh melalui penambangan ponsel. Beberapa isu terakhir, withdraw miner ponsel mengalami delay berhari-hari. Padahal seperti yang dijadwalkan bahwa user akan menerima hasil penambangan ponsel otomatis jika sudah mencapai 10 ETN. Tim pengembang saat ini sedang mempersiapkan sesuatu yang baru, termasuk update blockchain Electroneum hardfork pada 30 Mei mendatang.

Electroneum Hardfork

Seperti halnya Monero yang akan terus melakukan update setiap 6 bulan untuk menjaga teknologi dan fitur baru. Electroneum juga demikian, Hardfork electroneum terjadi pada blok 307500, dijadwalkan pada 30 Mei 2018. Menurut pengembang, hardfork ETN tidak akan menghasilkan kripto lain, update ini untuk memperbaharui blockchain, pool dan perangkat lunak. Bagi developer, perubahan kode node sudah bisa diunduh di GitHub pada 5 Mei mendatang.

Electroneum Hardfork


Update electroneum kali ini tidak sama dengan fungsi cryptonote yang mengandalkan privasi. Umumnya koin-koin cryptonote menutup privasi, dimana orang lain tidak bisa memeriksa saldo dari blockchain. Electroneum justru akan mengurangi fitur privasi dengan menonaktifkan fasilitas RingCT dan Mixin. Berbeda dengan koin Monero, dimana banyak orang menyimpan aset di blockchain ini karena benar-benar menjaga privasi.

Apa saja pembaruan electroneum? Selain update blockchain, koin ETN mengikuti trend cryptonote 7 yang resisten terhadap ASIC. Perlatan ASIC belakangan menjadi pusat perhatian karena dianggap sangat merugikan. Termasuk boros dalam penggunaan energi listrik, dan lama kelamaan GPU tidak lagi menguntungkan. Komunitas Monero telah menjalankan anti-ASIC atau resisten terhadap perangkat ini. Hal ini dilakukan untuk membatasi penambangan ASIC, memberdayakan GPU, dan menahan 50 persen kemungkinan serangan jaringan.

Bagaimana dengan biaya transfer ETN? Update electroneum mendatang menggunakan blockchain terbaru, pengembang menetapkan biaya 0,1 ETN per transaksi. Transaksi ini masih dianggap murah karena ditujukan untuk kebutuhan publik. Harga pasar koin ETN saat ini sudah mencapai 0,24 dolar AS. Koin ETN saat ini bisa diperjual belikan di KuKoin, salah satu bursa kripto ternama dunia.

Beberapa permasalahan dalam penambangan dialami oleh pengguna mobile. Padahal electroneum menjanjikan withdraw ETN setelah mencapai minimal 10 ETN. Tetapi dikebanyakan kasus, masih banyak koin yang pending dan berminggu-minggu kemudian masuk ke wallet. Ada beberapa saran yang bisa diikuti, diantaranya hentikan penambangan selama 24 jam. Menurut pengembang, koin yang ditambang akan tetap masuk hanya saja blockchain yang ada saat ini sangat ramai.


Electroneum mengabarkan bahwa pembaharuan blockchain akan berlangsung pada 30 Mei mendatang, pada block 307500. Setelah upgrade ini, kompetisi penambangan koin jauh lebih baik tanpa adanya ASIC. Buat kalian yang hanya mengandalkan GPU, tentunya ini merupakan berita bagus.
Electroneum Hardfork, Upgrade Anti-ASIC Akhir Mei 2018 Electroneum Hardfork, Upgrade Anti-ASIC Akhir Mei 2018 Reviewed by Musa Al-Khawarizmi on 5/01/2018 Rating: 5

Home Ads

Diberdayakan oleh Blogger.